Bank DKI Gandeng DPD Perbarindo Perluas Akses Perbankan Masyarakat
Bank DKI terus meningkatkan layanan digital untuk memperluas akses perbankan kepada masyarakat bekerjasama dengan mitra strategis.
Kerja sama ini berpotensi mendorong BPR dan BPRS untuk semakin dapat tumbuh dan bersaing
Terbaru, Bank DKI menandatangani kerja sama dengan DPD Perbarindo DKI Jaya dalam hal pemanfaatan jasa layanan perbankan, khususnya kepada nasabah BPR/BPRS (anggota DPD Perbarindo DKI Jaya dan sekitarnya) melalui layanan Abank (Agen Bank) BPR.
Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan, kerja sama ini diharapkan dapat menghadirkan manfaat bagi BPR/BPRS maupun bagi masyarakat khususnya dalam peningkatan inklusi keuangan.
Bank DKI Raih Penghargaan Top Digital PR Special Achievement for BUMD”Kerja sama ini berpotensi mendorong BPR dan BPRS untuk semakin dapat tumbuh dan bersaing melalui peningkatan fee based income dari layanan berbasis digital,” ungkap Amirul, Jumat (9/6).
Amirul menyampaikan, melalui kolaborasi ini, Bank DKI siap memberikan dukungan dengan penyediaan fasilitas dan infrastruktur layanan JakOne Abank kepada nasabah BPR untuk menjadi agen yang di-branding menjadi Abank (Agen Bank) BPR.
“Nantinya, berbagai transaksi nasabah BPR dapat melakukan berbagai transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu ke kantor cabang, dengan menggunakan aplikasi Abank BPR,” kata Amirul.
Amirul menjelaskan, mengawali kerja sama tersebut, maka akan dilakukan piloting Abank BPR sebanyak 10 BPR/BPRS yang saat ini tergabung sebagai anggota DPD Perbarindo DKI Jaya & Sekitarnya dengan sejumlah fitur di antaranya: transaksi perbankan (transfer antar rekening, virtual account, cek saldo), transaksi pembayaran dan pembelian, transaksi pajak, Scan QRIS, pelaporan transaksi hingga informasi promosi menarik.
“Melalui kemudahan layanan perbankan digital diharapkan loyalitas nasabah BPR maupun BPRS dapat terus meningkat dan semakin memberi manfaat kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Amirul.
Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan, kolaborasi antara Bank DKI dan anggota DPD Perbarindo DKI Jaya dan sekitarnya ini juga sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan inklusi keuangan, serta menjadi bukti bahwa layanan perbankan digital Bank DKI semakin dipercaya untuk melayani masyarakat lebih luas lagi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.
“Bank DKI siap mendorong pertumbuhan kinerja BPR dan BPRS melalui kolaborasi pemanfaatan jasa layanan perbankan, mengingat bahwa BPR dan BPRS memiliki koneksi yang kuat dalam menghubungkan masyarakat dengan sektor keuangan dengan cakupan wilayah yang lebih fokus,” ungkap Arie.
Untuk diketahui, JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor dengan sistem keagenan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS). Agen JakOne Abank dapat melayani berbagai transaksi, di antaranya transfer antar rekening, pembayaran pajak dan retribusi, hingga pembayaran berbagai tagihan dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi.
Saat ini aplikasi JakOne Abank telah banyak digunakan masyarakat khususnya para pelaku UMKM sebagai upaya dalam peningkatan usaha.